23 April 2010

Sebuah Penangkal

"Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia."
(Efesus 4 : 29)

Seorang anak sedang menggunakan lem yang kuat untuk merekat pesawat mainannya dan jari kanannya terlekat pada salah satu sayapnya itu. Semakin ia berusaha melepaskan jarinya, semakin frustasi ia jadinya. Ketika akhirnya ia toh berhasil melepaskan jarinya, sakitnya tidak hilang selama beberapa hari. Jelaslah semangatnya untuk merakit pesawat tersebut lenyap.
Yang tidak disadari banyak orang kristen adalah bahwa kata-kata menghina, mengolok dan mengkritik, seringkali melekat seperti lem yang kuat. Semakin seseorang berusaha melepaskan dirinya dari komentar-komentar negatif atau citra diri negatif yang mungkin telah berkembang selama bertahun-tahun, semakin frustasi ia jadinya. Walau pada akhirnya sekali waktu dia bisa terlepas tapi rasa sakit itu tidak bisa hilang dalam hitungan jari. Butuh waktu !!!
Kalau pekerjaan seseorang dikritik dan diolok, tanpa melihat seberapa besar pengorbanan dan usaha yang dilakukan seseorang supaya pekerjaan itu selesai. Terkadang akan berakibat fatal bagi si penerima, ia akan cenderung tidak perduli terhadap pekerjaannya. Produktivitas serta kualitas bisa-bisa melorot dan bisa-bisa moralnya memburuk. Apalagi kalau disertai perubahan sikap kita sebagai orang yang merasa tidak pusa, kita menjadi garang, tidak ramah, tidak peduli dan tidak ada lagi komunikasi. Bom waktu siap untuk meledak !!!
Apakah penangkalnya? Pujian serta kata-kata dorongan yang positif. Mungkin sekali dalam beberapa ratus tahun seseorang hancur karena terlalu banyak dipuji, tetapi yang jelas sekali dalam beberapa menit seseorang remuk hatinya karena tidak mendapat pujian. Penghargaan tidak selalu harus berupa uang atau barang tetapi "rasa terima kasih" yang kita realisasikan dari raut wajah kita dalam berbicara dan menyampaikan sesuatu yang tulus dan ramah terkadang itu jauh lebih cukup dari uang dan barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.:: Copyright ::.


This Blog is a registered trademark of DJEVEE Group All rights reserved.
Copyright © October 2009
Powered by Djevee